Kamis, 03 April 2014

Animasi 3 D

grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Game 3D
Setelah munculnya game 2D muncullah game dengan tampilan 3D datar (3D Plaine) hal ini sering membuat bingung karena sering disebut game 2D tapi mereka tidaklah sama. Game seperti ini bukan 2D tapi tidak juga full 3D. Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render secara 3D. Teori grafik seperti ini disebut dengan 2.5D atau pseudo-3D sedangkan pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric atau bahkan trimetric projection.
Berbeda dengan game 2D, dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:

-3d object/model :
Ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

Perbedaan Grafik 3D dan 2D
1. Grafik komputer 2 dimensi biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
2. Grafik komputer 3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

3D Animation
3D Animation adalah menganimasikan obyek yang terlihat dalam ruang 3 dimensi. Dapat dirotasi dan digerakkan seperti obyek riil (Obyek yang nyata).

Proses pembuatan 3D Computer Graphics dapat dibagi secara sekuen dalam 3 fase dasar berikut :

Modeling
Membuat gambar kasar (broad contours) dan struktur dari obyek 3D dan latar belakangnya.

Animation
Menentukan pergerakan obyek 3D.

Rendering
Memberikan atribut pada obyek seperti warna, tekstur permukaan, dan transparansi.

Dari beberapa tahap diatas, tahap yang paling membutuhkan storage adalah tahap Rendering.

Cel Animation
Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke yang lainnya.

Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Cell Animation
Metoda animasi yang sering digunakan:

1. Straight Ahead Animation:
animasi yang hanya menggunakan metode gambar dari gerakan satu ke gerakan lain dalam sebuah sekuen yang berkembang.

2. Pose Planning Animation:
aniamsi yang menggunakan metode key atau extreme pose.

3. Planned Animation:
sebuah sistem yang mengunakan gambar animasi yang sama pada adegan yang berbeda. Sistem ini sering digunakan dalam pembuatan kartun seri untuk acara TV karena deathline yang harus dikerjakan dalam pembuatan TV series.

4. Cycle Animation :
sistem penggunaan celluloid panjang ( 12 inches ) untuk menggambarkan gerakan yang berulang-ulang. Sistem ini biasa digunakan untuk paning camera movement.

5. Limited Animation :
sistem animasi yang membagi-bagi gambar sebuah karakter sesuai dengan kebutuhan dalam sebuah adegan. Tujuannya adalah untuk me-minimalisasikan waktu pengerjaan karena sistem ini hanya mengganti anggota tubuh karakter tertentu ( misalnya gerakan bibir untuk dalog ) tanpa merubah posisi anggota tubuh lainnya dalam adegan yang berbeda.

Animation Special Effects
Morphing
Yaitu menyatukan 2 Image menjadi satu seri Image

Warping
Memberikan efek pergerakan perubahan pada sebuah Image

Virtual Reality
Membuat sebuah environment yang melingkupi user dimana user menjadi bagian dari environment tersebut.
Jadi seolah-olah user berada disuatu lingkungan, dimana user bisa memandang lingkungan tersebut hingga 360 derajat. Yang berarti ini akan membuat Lingkungan tersebut hampir menyerupai asli/nyata.
Didalam Animation, akan ada beberapa Istilah yang akan sering kita jumpai, beberapa diantaranya yaitu :

Animated Text
Menggunakan perintah HTML untuk membuat text menjadi berkedip-kedip.

Animated Gif
Menggunakan sebuah software program untuk membuat satu seri gif file seperti GIF Builder.

Director Movie
Animasi dimainkan menggunakan Shockwave plug-in.

3D Environments
Aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat Image 3D.

Keuntungan dan Kerugian dari Penggunaan Animasi
Animasi menangkap (capture) imajinasi dengan lebih baik daripada tools yang lain. Menggambarkan aksi dan relasi spesial yang tidak terlihat pada realitas atau mungkin tidak ada sama sekali(Berbentuk seperti Khayalan).

Keuntungan
1. Menarik dan Menahan Perhatian.
2. Memperlihatkan aksi tak telihat (Invisible Actions).
3. Menambah daya ingat.
4. Memampukan visualiasi konsep, object, dan relasi yang dibayangkan.
Dengan animasi, kita dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan orang secara nyata. Manusia punya keterbatasan tentunya. Tapi dengan Animasi, keterbatasan manusia dapat diubah menjadi tampilan dengan imajinasi yang melampaui keterbatasan manusia.

Kerugian
1. Membutuhkan tambahan memory dan ruang (space) penyimpanan yang besar.
2. Membutuhkan peralatan khusus untuk presentasi yang berkualitas.
3. Animasi 2 dimensi tidak dapat memperlihatkan efek ‘nyata’ seperti pada video dan foto.
4. Membutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk menghasilkan Animasi yang menarik.
5. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menciptakan suatu Animasi.

Sumber : cheesechicz.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar